Prodi Pendidikan Islam ( gelar M.Pd.I )
Program Studi Pendidikan Islam (PI), mencetak Magister
manajemen pendidikan yang kreatif, kritis, memiliki keahlian dan
kemampuan menganalisis persoalan-persoalan dalam pengelolaan pendidikan
berdasarkan konsep-konsep pengembangan ilmu manajemen yang dibangun di
atas nilai-nilai dan spritual Islam. Prodi ini memiliki bebrapa
konsentrasi berikut ini:a. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam: Bertujuan mencetak lulusan magister pendidikan yang ahli dan kompeten dalam menganalisis, mengembangkan dan memecahkan persoalan-persoalan pendidikan Islam dalam rangka membangun sistem pendidikan nasional.
Pembimbing akademik konsentrasi adalah Dr. H. Muhammad Fadhil, M. Ag
b. Konsentrasi Teknologi Pendidikan Islam (TPI): Bertujuan melahirkan tenaga ahli Islam yang profesional, kompeten, trampil dan memiliki wawasan tentang teori-teori belajar dan pendidikan; model-model pembelajaran; memahami tentang desain, metode, strategi dan teknologi inovasi pendidikan dan media pendidikan serta mempunyai kemampuan mengembangkannya untuk menjawab tantangan pendidikan Islam dewasa ini dan masa yang akan datang.
Pembimbing akademik konsentrasi adalah Prof. Dr. H. Mukhtar MPd.dan Prof. Dr. Sjarkawi, M.Pd.
c. Konsentrasi Kurikulum Pendidikan Islam (KPI): Bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian khusus dalam bidang ilmu kurikulum pendidikan Islam dan yang mampu mengembangkan kurikulum pendidikan Islam dari konsep sampai kepada implementasinya guna menjawab tantangan-tantangan pengembangan pendidikan Islam pada masa sekarang dan masa mendatang.
Pembimbing akademik konsentrasi adalah Prof. Dr. H. Lias Hasibuan, MA.
d. Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD): Bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki profesional dan ahli secara khusus dalam bidang pendidikan Islam yang terpadu bagi anak usia dini dan mampu mengembangkannya mulai dari kajian teoritis sampai kepada implementasinya dalam menghadapi pendidikan dewasa ini dan masa yang akan datang. Saat ini kebutuhan SDM yang kompeten di bidang Pendidikan Anak Usia Dini terus meningkat seiring dengan terus bertambahnya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di daerah-daerah. Alumni PIAUD diharapkan dapat memenuhi kebutuhan itu.
Pembimbing akademik konsentrasi adalah Prof. Dr. H. Amir Faisol, MA. dan Dr. Marwazi, MAg.
SEBARAN MATA KULIAH
- A. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
- 1. Tujuan Konsentrasi
- 2. Deskripsi Mata Kuliah
KLP
|
NAMA MATA KULIAH
|
Keterangan |
||
SMT |
SKS |
|||
MPK |
1. |
Sejarah Sosial Pendidikan Islam |
II |
2 |
2. |
Perkemb. Pemikiran Moderen Dalam Islam |
III |
3 |
|
3. |
Pemikiran Dalam Islam |
II |
3 |
|
4. |
Sejarah dan Peradaban Islam |
III |
3 |
|
5. |
Studi Al Qur’an |
I |
3 |
|
6. |
Studi Al Hadits |
III |
3 |
|
MKK |
1. |
Bahasa Arab |
I |
0 |
2. |
Bahasa Inggris |
I |
0 |
|
3. |
Metode Penelitian |
II |
0 |
|
4. |
Filsafat Ilmu |
I |
0 |
|
MKB |
1. |
Politik Perenc. dan Kebijakan Pendidikan |
I |
3 |
2. |
Manajemen Lembaga Pendidikan |
I |
3 |
|
3. |
Evaluasi dan Supervisi Pendidikan |
II |
3 |
|
4. |
Ekonomi Pendidikan * |
III |
3 |
|
5. |
Pemikiran Manajemen Dalam Islam |
II |
3 |
|
MPB |
1. |
Pengelolaan Tenaga Kependidikan** |
III |
3 |
2. |
Sistem Informasi Manajemen Pendiddikan |
II |
3 |
|
MBB |
1 |
Penelitian dan Pengembangan Manajemen Pendidikan |
III |
3 |
Tesis |
IV |
6 |
Keterangan:
* Mata Kuliah Pilihan
- Studi Inovasi Pendidikan*
- Manajemen Kekepalasekolahan**
- Teori-teori Pendidikan Islam
- Penelitian Pengembangan Pendidikan
B. Konsentrasi Teknologi Pendidikan Islam
- 1. Tujuan Konsentrasi
2. Deskripsi Mata Kuliah
KLP
|
NAMA MATA KULIAH
|
Keterangan |
||
SMT |
SKS |
|||
MPK |
1. |
Sejarah Sosial Pendidikan Islam* |
II |
2 |
2. |
Perkemb. Pemikiran Moderen Dalam Islam |
III |
3 |
|
3. |
Pemikiran Dalam Islam |
II |
3 |
|
4. |
Sejarah dan Peradaban Islam |
III |
3 |
|
5. |
Studi Al Qur’an |
I |
3 |
|
6. |
Studi Al Hadits |
III |
3 |
|
MKK |
1. |
Bahasa Arab |
I |
0 |
2. |
Bahasa Inggris |
I |
0 |
|
3. |
Metode Penelitian |
II |
0 |
|
4. |
Filsafat Ilmu |
I |
0 |
|
MKB |
1. |
Politik Perenc. dan Kebijakan Pendidikan |
I |
3 |
2. |
Manajemen Lembaga Pendidikan |
I |
3 |
|
3. |
Evaluasi dan Supervisi Pendidikan |
II |
3 |
|
4. |
Ekonomi Pendidikan * |
III |
3 |
|
5. |
Teknologi Informasi dan Media Pendidikan** |
II |
3 |
|
MPB |
1. |
Desain Instruksional |
III |
3 |
2. |
Komunikasi Pendidikan |
II |
3 |
|
MBB |
1 |
Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pendidikan |
III |
3 |
Tesis |
IV |
6 |
Keterangan:
* Mata Kuliah Pilihan
- Metode dan Strategi Pembelajaran*
- Psikologi Belajar dan Pembelajaran*.
- Studi Inovasi Pendididkan*
- Pengembangan Sumber Belajar**
C. Konsentrasi Kurikulum Pendidikan Islam
1. Tujuan Konsentrasi
Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian khusus dalam bidang ilmu kurikulum pendidikan Islam dan yang mampu mengembangkan kurikulum pendidikan Islam dari konsep sampai kepada implementasinya guna menjawab tantangan-tantangan pengembangan pendidikan Islam pada masa sekarang dan masa mendatang.
- 2. Deskripsi Mata Kuliah
KLP
|
NAMA MATA KULIAH
|
Keterangan |
||
SMT |
SKS |
|||
MPK |
1. |
Sejarah Sosial Pendidikan Islam* |
II |
2 |
2. |
Perkemb. Pemikiran Moderen Dalam Islam |
III |
3 |
|
3. |
Pemikiran Dalam Islam |
II |
3 |
|
4. |
Sejarah dan Peradaban Islam |
III |
3 |
|
5. |
Studi Al Qur’an |
I |
3 |
|
6. |
Studi Al Hadits |
III |
3 |
|
MKK |
1. |
Bahasa Arab |
I |
0 |
2. |
Bahasa Inggris |
I |
0 |
|
3. |
Metode Penelitian |
II |
0 |
|
4. |
Filsafat Ilmu |
I |
0 |
|
MKB |
1. |
Politik Perenc. dan Kebijakan Pendidikan |
I |
3 |
2. |
Manajemen Lembaga Pendidikan |
I |
3 |
|
3. |
Evaluasi dan Supervisi Pendidikan |
II |
3 |
|
4. |
Ekonomi Pendidikan * |
III |
3 |
|
5. |
Inovasi dan Pengambangan Kurikulum |
II |
3 |
|
MPB |
1. |
Model-Model Kurikulum** |
III |
3 |
2. |
Evaluasi Kurikulum |
II |
3 |
|
MBB |
Penelitian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan |
III |
3 |
|
Tesis |
IV |
6 |
Keterangan:
* Mata Kuliah Pilihan
- Sosiologi Pendidikan*
- Desain Instruksioanal*
- Kurikulum Lembaga-Lembaga Pendidikan**
Menghasilkan lulusan yang memiliki profesional dan ahli secara khusus dalam bidang pendidikan Islam yang terpadu bagi anak usia dini dan mampu mengembangkannya mulai dari kajian teoritis sampai kepada implementasinya dalam menghadapi pendidikan dewasa ini dan masa yang akan datang.
- 2. Deskripsi Mata Kuliah
KLP
|
NAMA MATA KULIAH
|
Keterangan |
||
SMT |
SKS |
|||
MPK |
1. |
Sejarah Sosial Pendidikan Islam* |
II |
2 |
2. |
Perkemb. Pemikiran Moderen Dalam Islam |
III |
3 |
|
3. |
Pemikiran Dalam Islam |
II |
3 |
|
4. |
Sejarah dan Peradaban Islam |
III |
3 |
|
5. |
Studi Al Qur’an |
I |
3 |
|
6. |
Studi Al Hadits |
III |
3 |
|
MKK |
1. |
Bahasa Arab |
I |
0 |
2. |
Bahasa Inggris |
I |
0 |
|
3. |
Metode Penelitian |
II |
0 |
|
4. |
Filsafat Ilmu |
I |
0 |
|
MKB |
1. |
Politik Perenc. dan Kebijakan Pendidikan* |
I |
3 |
2. |
Evaluasi dan Supervisi Pendidikan |
I |
3 |
|
3. |
Manajemen Lembaga Pendidikan |
II |
3 |
|
4. |
Ekonomi Pendidikan * |
III |
3 |
|
5. |
Pengembangan Sosio Intelektual Anak** |
II |
3 |
|
MPB |
1. |
Pengembangan Bahasa dan Bahasa Al Qur’an |
III |
3 |
2. |
Pengembangan Motorik dan Kreatifitas Anak |
II |
3 |
|
MBB |
Pengembangan Program dan Evaluasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
III |
3 |
|
Tesis |
IV |
6 |
Keterangan:
* Mata Kuliah Pilihan
- Studi Inovasi Pendidikan*
- Sosiologi Pendidikan*
- Desain Instruksioanal*
- Landasan Filosofis Pendidikan Dasar Islam**
- Analisa Perkembangan Belajar Anak**
- Kajian Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Pendidikan Islam**
- Psikologi Agama Anak
0 komentar:
Posting Komentar